https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Petani

Puluhan Petani Sawit di Labura akan Dilatih

Puluhan Petani Sawit di Labura akan Dilatih

Ilustrasi petani sawit di Labura. Foto: spks.or.id

"Pelatihan yang diberikan adalah terkait teknis budidaya kelapa sawit."

PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) bakal menggelar pelatihan untuk pengembangan sumber daya manusia perkebunan kelapa sawit (SDM PKS) di Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian (Kementan).

"Pelatihan itu ditujukan bagi para petani sawit dari daerah kami," kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), drh Hj Sudarijah, Jumat (21/6).

Kata dia, pihak PT RPN bakal melatih puluhan petani sawit dari berbagai desa di Kabupaten Labura yang tergabung dalam angkatan I, II, dan III selama hampir sepekan di Medan.

"Pelatihan yang diberikan adalah terkait teknis budidaya kelapa sawit yang digelar mulai Senin - Sabtu (24-29 Juni 2024) di Le Polonia Hotel & Convention, Jalan Jenderal Sudirman nomor 14-18, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia," kata Sudarijah.

Ia menjelaskan, para petani sawit yang bakal mengikuti pelatihan dari PT RPN dan didukung oleh BPDPKS dan Ditjenbun itu berasal dari desa-desa di Kecamatan Kualuh Hulu, Kecamatan Marbau, Kecamatan Aek Natas.

"Kemudian parapetani sawit dari  Kecamatan Kualuh Selatan dan dari Kecamatan Kualuh Hulu," tutur Sudarijah lebih lanjut.

Ia berharap pelatihan tersebut nantinya benar-benar dapat meningkatkan kapasitas para petani sawit di Labura sehingga tercipta perkebunan sawit rakyat yang berkelanjutan.

Sekadar mengingatkan, pelatihan yang didukung BPDPKS dan Ditjenbun itu juga pernah dilakukan PT RPN terhadap 29 petani sawit dari Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

Saat itu pelatihan yang digelar di salah satu hotel di Banda Aceh tersebut menggunakan modul pelatihan bertajuk "Teknik Pemetaan Lokasi Perkebunan Kelapa Sawit’.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS