https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Upaya Memperkenalkan Industri Sawit kepada Generasi Muda

Upaya Memperkenalkan Industri Sawit kepada Generasi Muda

APOSA Forum 2024 yang sukses digelar di Yogyakarta. (f: istimewa)

APOSA berkomitmen mendorong kolaborasi dan inovasi di antara mahasiswa dan pemuda ASEAN dalam mencapai praktek kelapa sawit yang berkelanjutan. 

MUNGKIN belum banyak kalangan generasi muda di negeri ini yang  mengenal secara komprehensif industri kelapa sawit. APOSA Forum 2024 mencoba menjadi jembatan untuk itu.

APOSA atau ASEAN Palm Oil Student Association (APOSA) Forum 2024 itu sukses digelar 5 dan 6 Maret 2024 lalu secara hibrid di GRHA INSTIPER Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan melalui zoom meeting. 

Kesuksesan tersebut tidak diterima sendirian oleh INSTIPER Yogyakarta, melainkan turut melibatkan tiga pihak lainnya, termasuk yang berasal dari negeri jiran, Malaysia.

Yaitu para mahasiswa dari kampus Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universiti Putra Malaysia (UPM), serta pihak Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit atau Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC).

Dari keterangan resmi yang diterima, Jumat (8/3/1024), dikatakan kegiatan itu digelar dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi generasi muda di ASEAN terhadap industri perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.

APOSA Forum 2024  ini dihadiri oleh lebih dari 200 orang mahasiswa yang berasal dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Pakistan, dan Taiwan. 

Hadir di GRHA INSTIPER perwakilan mahasiswa dari INSTIPER Yogyakarta, Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kemudian, Institut Pertanian Yogyakarta (IPY), Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE) Bekasi), Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata.

Selanjutnya, Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan, UPN Yogyakarta, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas Janabadra, dan LPP Yogyakarta.

Acara APOSA Forum 2024 tersebut mengambil tema "Together with the Young Generation Towards Sustainable Palm Oil" atau Bersama Generasi Muda Menuju Kelapa Sawit Berkelanjutan.

Dari kegiatan itu diketahui kalau APOSA berkomitmen untuk mendorong kolaborasi dan inovasi di antara mahasiswa dan pemuda ASEAN dalam mencapai praktek kelapa sawit yang berkelanjutan. 

APOSA juga berkomitmen untuk memperkenalkan industri kelapa sawit di kalangan generasi muda, melakukan kampanye positif tentang perkelapasawitan. Serta mengidentifikasi inisiatif dan solusi inovatif yang mendukung keberlanjutan industri ini. 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS