https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Petani

Janji Bantuan Bibit untuk Petani Sawit yang Mau Menanam Padi

Janji Bantuan Bibit untuk Petani Sawit yang Mau Menanam Padi

Petani sawit di Bengkulu Selatan dijanjikan sejumlah bantuan bila mau menanam padi. Petani sedang panen. Foto: Dok. Elaeis

Sejak kelapa sawit mulai dibudidayakan petani, banyak dari mereka tidak mau lagi menanam padi.

AKIBAT kecenderungan mayoritas petani mengelola komoditas sawit dan meninggalkan tanaman pangan, membuat sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu dihadapkan ancaman kekurangan bahan pangan.

Tidak terkecuali di Kabupaten Bengkulu Selatan. Makanya, para petani kelapa sawit di daerah itu dijanjikan 
akan mendapatkan bantuan benih padi dari pemerintah setempat jika mereka mau menanam padi. 

Sebab, sejak kelapa sawit mulai dibudidayakan oleh petani sawit di daerah ini, banyak dari mereka tidak mau lagi menanam padi.

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi mengatakan, pihaknya siap untuk memberikan dukungan ke petani sawit yang mau menanam padi. 

Hal ini, menurutnya, dilakukan sebagai bentuk respons Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan atas meningkatnya kebutuhan pangan di daerah. 

"Kami ingin petani sawit kembali menanam padi, kami siap dukung itu dengan memberikan bantuan benih padi ke mereka," kata Gusnan, Jumat (8/3).

Menurut Gusnan, tidak hanya memberikan bantuan benih padi, pihaknya juga akan mengalirkan air irigasi ke sejumlah persawahan di wilayah Bengkulu Selatan. Itu dilakukan sebagai bagian dari upaya mendukung produktivitas pertanian dan mengurangi ketergantungan pada impor beras.

"Dengan menanam padi, kami berharap dapat menciptakan ketahanan pangan yang lebih baik di wilayah kita," kata Gusnan. 

Ia menambahkan, pihaknya juga siap memberikan pelatihan pertanian kepada petani sawit yang berminat menanam padi. Pelatihan itu diberikan untuk membantu mereka beradaptasi dengan perubahan ini.

"Tentu saja petani sawit yang sudah lama tidak menanam padi butuh beradaptasi, makanya kami siap berikan pelatihan pertanian jika diperlukan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Petani Sawit Bengkulu, Edy Mashury mengaku, memberikan dukungan terhadap langkah ini. Menurutnya, menanam padi memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan petani sawit serta memberikan manfaat ekonomi yang luas bagi masyarakat sekitar.

"Langkah tersebut diharapkan dapat mencapai ketahanan pangan yang lebih baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di Kabupaten Bengkulu Selatan. 

"Keputusan Bupati Gusnan Mulyadi untuk mendorong kembali menanam padi di lahan sawah diharapkan akan membawa dampak positif bagi daerah tersebut," pungkasnya.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS