https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Persamaan Gender akan Mampu Memajukan Industri Sawit Nasional

Persamaan Gender akan Mampu Memajukan Industri Sawit Nasional

Ilustrasi pekerja perempuan di industri sawit. Foto: asianagri.com

"BPDPKS selalu bekerja dengan prinsip antidiskriminasi dan menjamin kesetaraan gender."

DIREKTUR Perencanaan dan Pengelolaan Dana Badan Pengelola Dans Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kabul Wijayanto, mengatakan persamaan gender akan mampu memajukan industri sawit nasional.

"Kami berharap lebih banyak perempuan yang menjadi pengambil keputusan di perusahaan-perusahaan sawit," ujar Kabul Wijayanto saat berbicara dalam sebuah seminar di Medan, Sumatera Utara (Sumut), kemarin.

Kata dia, isu perlindungan pekerja di perkebunan kelapa sawit tidak hanya mencakup pekerja laki-laki, melainkan juga kepada pekeeja perempuan agar mendapatkan lingkungan pekerjaan yang aman.

Ia menyebutkan sejumlah isu yang harus diperhatikan oleh indistri sawit nasional terkait pekerja perempuan, seperti isu jam kerja, hak maternal seperti cuti haid dan melahirkan, serta kesehatan dan keselamatan kerja.

BPDPKS, Kabul menegaskan, selalu bekerja dengan prinsip antidiskriminasi dan menjamin kesetaraan gender, termasuk bersikap adil dan jujur kepada setiap pegawainya.

Dengan tujuan, kata Kabul, agar mampu mengembangkan potensi, kemampuan, pengalaman dan keterampilan secara maksimal.

Ia berharap kegiatan seminar tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam pemberdayaan dan perlindungan pekerja perempuan di perkebunan kelapa sawit.

Sejumlah pihak hadir dalam seminar yang bertajuk "Perlindungan Pekerja Perempuan di Perkebunan Kelapa Sawit dalam Rangka Pengarusutamaan Gender" tersebut.

Seperti Timbas Prasad Ginting selaku Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumatera Utara (Sumut); Rachel Pandia selaku Direktur PT Amal Tani.

Pengamat perlindungan pekerja perempuan Prof Ir T Sabrina M.Agr Sc PhD, serta Asih Damayanti Sudarmo selaku Wakil Sekretaris Bidang Hukum dan Pembelaan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

Pada sesi diskusi dan seminar dimoderatori oleh Frisda Anggriani Ambarita selaku Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pelaksanaan Anggaran dan Keuangan (P2AK) pada Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sumut Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kabul Wijayanto yang juga Pelaksana Tugas (PlT) Direktur Kemitraan BPDPKS ini menjelaskan, persamaan gender akan mampu memajukan industri sawit nasional.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS