https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Bisnis

Dinilai masih Rendah, Idealnya Harga TBS Sawit di Bengkulu Utara Disebut Segini

Dinilai masih Rendah, Idealnya Harga TBS Sawit di Bengkulu Utara Disebut Segini

Petani memuat TBS sawit. Foto: Dok. Elaeis

"Untuk yang sudah menetapkan harga di atas harga ketetapan kami ucapkan terimakasih."

DI tengah bervariasinya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, ada pihak yang menilai harga yang tengah berlaku belum mencapai titik ideal.

Menurut Sekretaris DPW Apkasindo Provinsi Bengkulu, John Simamora, harga TBS kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Utara masih tergolong rendah. Sebab idealnya harga TBS kelapa sawit di daerah ini sudah mencapai Rp 2.700 per kilogram.

"Harga tersebut masih tergolong rendah, karena beberapa provinsi seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Riau rata-rata telah mencapai Rp 2.700 per kilogram," sebutnya.

Terpantau, harga TBS sawit di daerah variatif menjelang Ramadan 1445 H. Berdasarkan data yang diperoleh dari sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di daerah ini, harga TBS kelapa sawit terendah Rp 2.200 per kilogram dan tertinggi Rp 2.550 per kilogram.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Bengkulu Utara, Desman Siboro SH mengatakan, harga TBS kelapa sawit di tingkat pabrik di Kabupaten Bengkulu Utara cukup bervariatif dari yang tertinggi Rp 2.550 per kilogram dan terendah Rp 2.200 per kilogram. Hal tersebut dapat terjadi karena disebabkan oleh faktor-faktor yang memengaruhi pasokan dan permintaan TBS kelapa sawit.

"Harga TBS kelapa sawit di Bengkulu Utara ditingkat pabrik cukup bervariatif. Ada yang tertinggi sebesar Rp 2.550 per kilogram dan terendah Rp 2.200 per kilogram," ujar Desman, Minggu (10/3).

Ia menambahkan, harga TBS kelapa sawit di beberapa PKS di Kabupaten Bengkulu Utara tertinggi ada di PT Bumi Anugerah Sawit dan PT Kencana Katara Kewala masing-masing mencapai Rp 2.550 per kilogram. 

Kemudian disusul PT Sandabi Indah Lestari sebesar Rp 2.520 per kilogram dan PT Alno Agro Utama Rp 2.500 per kilogram. 

Sementara itu, PT Mitra Puding Mas bertahan diharga Rp 2.490 per kilogram dan PT Agricinal Rp 2.440 per kilogram serta PT Sawit Mulia Rp 2.200 per kilogram.

"Dari data tersebut, terlihat bahwa PT Bumi Anugerah Sawit dan PT Kencana Katara Kewala memiliki harga tertinggi sebesar Rp 2.550 per kilogram, sementara PT Sawit Mulia menawarkan harga terendah yaitu Rp 2.200 per kilogram," tambah Desman.

Desman mengucapkan, terimakasih kepada PKS yang telah menetapkan harga TBS kelapa sawit diatas harga yang ditetapkan di Provinsi Bengkulu mencapai Rp 2.400 per kilogram. 

Meski begitu, pihaknya tetap meminta PKS yang masih menetapkan harga dibawah ketetapan agar segera menaikkan harga TBS kelapa sawit. Hal itu dilakukan demi kesejahteraan petani sawit di Kabupaten Bengkulu Utara.

"Untuk yang sudah menetapkan harga di atas harga ketetapan kami ucapkan terimakasih, sementara yang dibawah itu kami minta agar segera dinaikkan," tutupnya.



 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS