https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Petani

Pentingnya Peran Petani Sawit dalam Menjaga Kualitas Hasil Panen

Pentingnya Peran Petani Sawit dalam Menjaga Kualitas Hasil Panen

TBS sawit yang dihasilkan petani di Bengkulu Utara. Foto: Dok. Elaeis  

Petani sawit diimbau lebih proaktif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada.

KETIKA angka produksi sawit di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, belum optimal karena dalam musim trek pasca El Nino, apa yang bisa dilakukan untuk tetap mendapatkan nilai tambah?

"Pemkab Bengkulu Utara terus mendorong para petani sawit  untuk mempertahankan kualitas hasil panen. Hal itu dilakukan agar kesejahteraan petani sawit meningkat," ujar Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Bengkulu Utara, Desman Siboro SH.

Desman menilai pentingnya peran para petani dalam menjaga kualitas hasil panen. Karena dengan begitu produksi TBS kelapa sawit akan ikut meningkat.

"Kita harap petani bisa mempertahankan kualitas panen meski hasil belum maksimal karena masih musim trek pasca El Nino, ini dilakukan agar produksi TBS kelapa sawit meningkat," kata Desman, Minggu (10/3).

Untuk mewujudkan hal itu, Desman menekankan perlunya penerapan teknik dan metode yang tepat dalam budidaya sawit. Hal ini diharapkan dapat membantu petani dalam menghadapi tantangan musim pasca El Nino dan tetap menjaga kualitas hasil panen.

"Perlu penerapan teknik dan metode yang tepat dalam budidaya sawit agar bisa membantu petani menjaga kualitas hasil panen," ujar Desman.

Dalam upaya mendukung para petani, Desman mengaku, akan memberikan pelatihan dan pendampingan secara intensif terkait teknik budidaya yang efektif. 

Langkah ini, menurutnya, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan para petani dalam mengelola kebun sawit mereka.

"Kami akan berikan pelatihan dan pendampingan secara intensif terkait teknik budidaya yang efektif agar bisa meningkatkan pemahaman dan keterampilan petani dalam mengelola kebun sawit," tutur Desman.

Selain itu, menyikapi tantangan musim pasca El Nino, para petani sawit di Bengkulu Utara juga diimbau untuk lebih proaktif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dan mengoptimalkan penggunaan teknologi yang tersedia. 

Langkah ini diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen secara bertahap. 

"Banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan petani sawit mulai dari teknologi pembuatan pupuk kompos hingga organik cair untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen," tutur Desman.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Utara, Mi'an mengaku, dalam mendukung upaya pemulihan pasca El Nino, Pemkab Bengkulu Utara juga akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, termasuk lembaga penelitian dan perguruan tinggi, untuk mengembangkan inovasi dan solusi yang tepat dalam menghadapi perubahan iklim.

"Kami akan terus mendukung para petani sawit dalam menjaga kualitas hasil panen dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Kolaborasi antara pemerintah, petani, dan berbagai pihak terkait akan menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan ini," ujar Mi'an.

Menurut Mi'an, dengan komitmen dan kerja sama yang kuat antara semua pihak terkait, diharapkan sektor perkebunan, khususnya produksi kelapa sawit, di Kabupaten Bengkulu Utara dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Komitmen dan kerja sama yang kuat antara semua pihak terkait, diharapkan dapat membuat produksi kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Utara terus berkembang dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan," pungkasnya.



 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS