https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Bisnis

Optimalisasi Ekspor Cangkang Sawit, Upaya Menekan Angka Pengangguran di Bengkulu

Optimalisasi Ekspor Cangkang Sawit, Upaya Menekan Angka Pengangguran di Bengkulu

Ilustrasi cangkang sawit. Foto: kompasiana.com

Cangkang sawit memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

SAMA dengan sebagian besar daerah-daerah lainnya di Indonesia, Provinsi Bengkulu juga dihadapkan dengan angka pengangguran yang tinggi. Optimalisasi ekspor cangkang sawit diyakini bisa menekan angka itu.

Menurut  Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, M Rizon SHut MSi dengan optimalisasi ekspor cangkang sawit, akan membantu mengurangi tingkat pengangguran dan memperkuat daya saing ekonomi Bengkulu.

Sehingga Bengkulu akan semakin berdaya dan tangguh. "Ini merupakan kesempatan bagi kita untuk memperkuat ekonomi daerah dan memberikan manfaat bagi masyarakat," tutur Rizon lagi.

Menurut Rizon, cangkang sawit memiliki potensi besar sebagai salah satu komoditas unggulan yang dapat membantu memperkuat ekonomi Bengkulu. Karena komoditas ini memiliki pangsa pasar yang cukup besar, tidak hanya didalam negeri tetapi juga di luar negeri.


"Cangkang sawit memiliki nilai jual yang tinggi dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan di dalam negeri dan negara-negara luar, seperti China, Korea, Jepang, dan India. Oleh karena itu, kami berharap ekspor cangkang sawit bisa maksimal agar dapat memberikan sumbangan positif bagi pertumbuhan ekonomi Bengkulu," kata Rizon, Senin (18/3).

Rizon mengaku, agar kegiatan ekspor cangkang sawit pada tahun 2024 ini bisa maksimal, pelaku usaha jual beli cangkang sawit juga harus memberikan dukungan terhadap kegiatan ini.

Sebab tanpa dukungan maka kegiatan ekspor tidak akan berjalan maksimal.
"Kami berharap, pelaku usaha cangkang sawit juga dapat memberikan dukungan ekspor cangkang sawit. Tanpa dukungan, maka untuk maksimalisasi ekspor cangkang sawit sulit untuk tercapai," tambah Rizon.

Disisi lain, Pelaku Usaha Cangkang Sawit Bengkulu dari PT Inti Persada, Anca Ansarullah mengatakan, pihaknya terus memaksimalkan ekspor cangkang sawit di Bengkulu. Bahkan pihaknya telah melakukan ekspor cangkang sawit asal Bengkulu ke Thailand.

"Kita terus memaksimalkan ekspor cangkang sawit, selama ini sudah ke Thailand, terbaru akan ke Jepang juga," kata Anca.

Ia mengaku, akan bekerja sama dengan pemerintah dan industri sawit lainnya untuk memaksimalkan ekspor cangkang sawit. Bahkan pihaknya juga akan meningkatkan kualitas produk dan menjajaki pasar baru.

"Kami akan meningkatkan kualitas produk dan juga menjajaki pasar baru untuk meningkatkan volume ekspor cangkang sawit di Bengkulu. Kami yakin, dengan kerja sama yang baik, ekspor cangkang sawit akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Bengkulu," tutupnya.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS