https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Petani Sawit Ini Rumahnya Terancam Masuk ke Sungai, Berharap Dibantu Pemerintah

Petani Sawit Ini Rumahnya Terancam Masuk ke Sungai, Berharap Dibantu Pemerintah

Kepala Desa Darat Sawah, Isis Sastra Irawan saat meninjau rumah milik petani sawit di desanya. Foto: Istimewa

Waktu masih ada tanggul penahan air sungai, tanah tebing dekat rumah tidak pernah longsor

"KAMI berharap pada pemerintah dapat membantu kami untuk memasang dinding penahan tanah permanen, karena sebentar lagi rumah kami masuk ke sungai."

Kalimat itu dilontarkan Abjusi (42), Selasa (19/3), karena rumah petani sawit  di Desa Darat Sawah, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, terancam masuk ke dalam sungai. Sebab tanah tebing dekat rumah tersebut terus mengalami longsor.

Jusi sangat berharap bantuan dari pemerintah daerah untuk memasang dinding penahan tanah pelapis tebing. Sebab tanpa pelapis tebing rumahnya akan masuk ke dalam sungai.

Menurut Jusi, dahulu ada tanggul penahan air sungai yang melindungi tanah tebing dekat rumahnya. Namun, akibat luapan sungai yang deras, tanggul tersebut hancur tak bersisa, sehingga mengakibatkan longsor. 

"Waktu masih ada tanggul penahan air sungai, tanah tebing dekat rumah kami tidak pernah longsor," ujarnya.

Kepala Desa Darat Sawah, Isis Sastra Irawan mengungkapkan, kekhawatiran atas kondisi rumah warganya. Sebab setiap hujan turun, tanah tebing mengalami longsor, mengancam keselamatan dan stabilitas rumah warganya.

"Kami mohon ada bantuan dari pemerintah, supaya tanah tebing yang dari sungai dengan ketinggian sekitar 10 meter dipasang dinding penahan tanah permanen," pinta Kades.


Selain mengancam keselamatan rumah, kerusakan tanggul sungai juga berdampak pada pertanian. Sawah petani yang sebelumnya di aliri air saat ini mengalami kesulitan pengairan. 

"Kerusakan tanggul sungai juga menyebabkan pengairan pertanian menjadi tidak lancar," jelasnya.

Ia berharap pemerintah daerah Kaur segera mengambil langkah untuk membantu. Sehingga permasalahan rumah warganya dan pengairan pertanian bisa kembali normal.

"Kami berharap agar pemerintah dapat mengulurkan tangan membantu kami segera," pungkasnya.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS