https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Potensi Besar Memperkuat Ketahanan Pangan

Potensi Besar Memperkuat Ketahanan Pangan

Penanaman padi gogo di lahan sawit di Kabupaten Paser. Foto: Ditjenbun

Tak hanya tanam padi, Kementan juga ada program pompanisasi.

Khusus di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), tercatat seluas 7.410 hektar areal perkebunan kelapa sawit yang dinilai berpotensi untuk ditanami padi gogo atau padi darat.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alam Syah, saat melakukan penanaman padi gogo  di kebun kelapa sawit yang tengah di-replanting milik Kelompok Tani Bhineka Tunggal Ika II yang berada di Desa Tajur, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kaltim.

Sementara di Kaltim, menurut Andi Nur, ada 7.787 hektar kebun sawit yang berpotensi untuk ditanami padi gogo atau padi darat ini. "Potensi ini sangat besar untuk memperkuat ketahanan pangan," imbuhnya. 

Ke depan, lanjut Andi Nur, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan lahan-lahan perkebunan untuk ditanami tanaman pangan seperti padi gogo dan jagung.  

Dirjenbun menilai, kegiatan ini sangat penting dan harus segera dilakukan, karena Program Kesatria ini merupakan aksi nyata terhadap arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, guna mendukung optimalisasi lahan perkebunan dan penambahan luas tanaman pangan, khususnya tumpang sisip padi gogo.

"Tak hanya tanam padi, Kementan juga ada program pompanisasi, solusi cepat yang harus dilakukan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional," ujar Andi Nur dalam keterangan resminya dikutip Selasa (19/3).

Ditjenbun Kementan  saat ini memsng tengah gencar melakukan penanaman padi gogo pada lahan perkebunan kelapa sawit melalui program kelapa sawit tumpang sari tanaman pangan (Kesatria).

Setelah melakukan penanaman di sejumlah daerah, kini giliran Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) yang mendapat jatah padi gogo. 

Kali ini, penanaman padi gogo dilakukan di kebun kelapa sawit yang tengah di-replanting milik Kelompok Tani Bhineka Tunggal Ika II yang berada di Desa Tajur, Kecamatan Long Ikis. 


 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS