https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Ikut PSR Bisa Mengurangi Pengangguran? Ini Penjelasannya

Ikut PSR Bisa Mengurangi Pengangguran? Ini Penjelasannya

Ilustrasi replanting sawit. Foto: Dok. Elaeis

PSR akan melibatkan banyak orang, mulai dari kegiatan merobohkan tanaman kelapa sawit hingga menanam bibit.

APAKAH para petani kelapa sawit yang ikut program peremajaan sawit rakyat (PSR? atau mereplanting tanaman sawitnya ikut berperan dalam menekan angka pengangguran?

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Bengkulu, M Rizon SHut MSi mengatakan petani yang memiliki kebun sawit tidak produktif di Bengkulu bisa mengikuti program replanting kelapa sawit. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Bengkulu.

"Kita minta petani sawit juga bisa berperan dalam mengurangi pengangguran di Bengkulu salah satunya dengan ikut PSR atau program replanting kelapa sawit," tuturnya.

Menurut Rizon, program replanting kelapa sawit atau PSR mampu menyerap banyak tenaga kerja di desa. Sebab program ini tidak hanya dilakukan oleh petani kelapa sawit saja, tetapi melibatkan banyak orang.

"Replanting kelapa sawit tidak hanya meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan kelapa sawit, tetapi juga mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat di desa," ujarnya.

Karena program ini akan melibatkan banyak orang mulai dari kegiatan merobohkan tanaman kelapa sawit hingga menanam bibit.

"Replanting tidak hanya mampu berkontribusi pada peningkatan produktivitas kebun sawit saja, tetapi juga bisa menyerap banyak tenaga kerja, karena petani juga membutuhkan bantuan orang lain untuk merobohkan pohon sawit tua dan menanam kembali pohon kelapa sawit," kata Rizon, Rabu (20/3).

Ia mengaku, program replanting kelapa sawit telah terbukti mampu menciptakan lapangan kerja karena mulai dari proses tanam hingga panen. Karena tanpa bantuan orang lain maka mustahil program ini bisa berjalan dengan baik.

"Jadi tidak hanya pada saat awal proses replanting, tapi juga setelah sawit berbuah, maka saya bilang ini program akan banyak menyerap tenaga kerja lokal," ujar Rizon.

Oleh sebab itu, Rizon meminta kepada seluruh pihak untuk mendukung sektor perkebunan kelapa sawit. Karena  sektor ini mampu berperan dalam mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Peran sektor perkebunan kelapa sawit sangat besar, yakni mampu mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Rizon

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS