https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Menghelat Workshop, Mengkhawatirkan Kecemburuan

Menghelat Workshop, Mengkhawatirkan Kecemburuan

Ketua DPD I Aspek-PIR Indonesia Kalbar, YS Marjitan. Foto: Dok. Elaeis

Aspek-PIR Kalbar berkomitmen hadir dalam rangka memberikan edukasi terhadap petani sawit milenial 

"KAMI mohon kepada pihak BPDPKS untuk dapat menyetujui proposal Aspek-PIR Kalbar dalam kegiatan wirkshop UKMK Petani Sawit Milenial di wilayah perbatasan negara."

Hal itu disampaikan Ketua DPD I 
Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (Aspek-PIR) Indonesia Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), YS Marjitan, saat mengajukan permohonan khusus kepada pihak Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Permohonan itu disampaikan oleh Marjitan dalam acara lokakarya atau workshop usaha kecil, menengah, dan koperasi (UKMK) Petani Sawit Milenial di Aula Dangau Hotel, Kota Singkawang, kemarin.

Kegiatan yang dihadiri ratusan petani sawit milenial itu dihadiri oleh para ketua cabang Aspek-PIR di tingkat kabupaten di Kalbar, Kepala Divisi UKMK BPDPKS Helmi Muhansyah, Pj Walikota Singkawang Sumastro.

Lalu hadir juga mantan Walikota Singkawang yang kini menjadi Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Singkawang,Tjhai Chui Mie, serta Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalbar Purwati Munawir.

"Kami mohon kepada pihak BPDPKS untuk dapat menyetujui proposal Aspek-PIR Kalbar dalam kegiatan workshop UKMK Petani Sawit Milenial di wilayah perbatasan negara," kata Marjitan.

"Khususnya di wilayah perbatasan timur Kalbar yang meliputi tiga kabupaten, yakni Sanggau, Sintang, dan Kapuas Hulu. Hal ini mengingat tiga kabupaten itu adalah penghasil tandan buah segar (TBS) terbanyak di Kalbar," YS Marjitan menambahkan.

Selain itu, Marjitan bilang Aspek-PIR Kalbar khawatir muncul kecemburuan dari para petani sawit dari Sanggau, Sintang, dan Kapuas Hulu bila tak digelar kegiatan apapun oleh BPDPKS.

YS Marjitan memastikan kalau Aspek-PIR Kalbar berkomitmen untuk hadir dalam rangka memberikan edukasi terhadap petani sawit milenial di tiga kabupaten sentra sawit di Kalbar tersebut.

Di samping itu, YS Marjitan mengungkapkan kalau selama ini Aspek-PIR Kalbar telah membina dan mendampingi pelaku UKMK sawit yang ada di Kalbar.

"Bahkan beberapa di antara UKMK yang kami dampingi itu telah menghasilkan aneka produk berbasis kelapa sawit," ungkap YS Marjitan.

Karena itu pihaknya meminta agar BPDPKS turut mengikutsertakan sejumlah UKMK dampingan Aspek--PIR Kalbar ke berbagai even berskala nasional.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Berita Terkait