https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Satu-satunya yang Berasal dari Tanah Papua

Satu-satunya yang Berasal dari Tanah Papua

Kampus Polbangtan Manokwari. Foto: Istimewa

Dari tiga prodi, yang dilibatkan dalam program beasiswa pengembangan SDM sawit hanya satu prodi. 

POKITEKNIK Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari menjadi satu-satunya lembaga pendidikan penyelenggara beasiswa sawit yang berasal dari Tanah Papua. 

Seperti diketahui, Polbangtan Manokwari merupakan salah satu lembaga pendidikan yang lolos seleksi menjadi penyelenggara program beasiswa pengembangan SDM sawit tahun 2024. 

Kampus milik Kementerian Pertanian ini tepatnya berada di Jalan SPMA Reremi, Kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. 

Dikutip dari situs resmi Polbangtan Manokwari, drh Purwanta MKes selaku Direktur Polbangtan Manokwari mengungkap sejarah berdirinya kampus yang mengemban misi menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam rangka regenerasi di sektor pertanian.

Dia mengatakan bahwa kampus Polbangtan Manokwari dahulunya merupakan Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Manokwari di tahun 1965. 

"Kemudian berubah nama menjadi Sekolah Pembangunan Pertanian (SPP) di tahun 1987 dan meningkat status menjadi Perguruan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Manokwari pada tanggal 13 Agustus 2002," ungkap Purwanta.

Selanjutnya STPP Manokwari bertranformasi menjadi Polbangtan Manokwari dan diresmikan oleh Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, pada tanggal 18 September 2018 di Bogor bersama dengan 5 Polbangtan lainnya di seluruh Indonesia.

"Polbangtan Manokwari terus melakukan pengembangan dan pembaruan untuk merespon kebutuhan pemangku kepentingan (mahasiswa, orang tua pelajar, masyarakat profesi dan masyarakat pengguna lulusan) serta mempersiapkan generasi penerus untuk mewujudkan Indonesia Maju khususnya di bidang pertanian," ungkapnya. 

Polbangtan Manokwari saat ini memiliki tiga program studi (prodi). Yaitu penyuluhan pertanian berkelanjutan, penyuluhan peternakan dan kesehatan hewan, serta teknologi produksi tanaman perkebunan. 

Dari tiga prodi yang ada itu, yang dilibatkan dalam program beasiswa pengembangan SDM sawit dari BPDPKS hanya satu prodi. Yaitu teknologi produksi tanaman perkebunan.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS