https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Bahan Baku yang Masuk Belum Maksimal

Bahan Baku yang Masuk Belum Maksimal

Pabrik mini milik pesantren di Pringsewu, Lampung, sudah beroperasi. Foto: Istimewa

Upaya  menjalin kerja sama dengan asosiasi atau kelompok tani kelapa sawit  terus dilakukan.

KOPERASI mini milik 10 pesantren di Pekon Gumuk Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung, sudah beroperasi. Bahkan koperasi yang dioperasikan CV Zada Palm Oil itu sudah melakukan penjualan CPO.

Tapi, menurut Komisaris CV Zada Palm Oil, Hizbullah, Senin (25/3), saat ini operasinya baru tahap awal. Jam operasionalnya masih 7 jam kerja. Kemudian jumlah produksi juga belum menyentuh target yakni 2 ton per jam.

Hal ini, menurutnya, dikarenakan bahan baku yang masuk juga belum maksimal. Terlebih, kebun kelapa sawit sekitar pabrik masih mengalami penurunan produksi atau trek.

"Ya, sementara belum cukup mendukung operasional pesantren kita, namun potensinya sudah mulai nampak. Ini juga masih proses awal," ujarnya.

Hingga saat ini, kata Hizbullah, pihaknya masih terus mendapat dukungan dari para wali santri yang juga menjadi pemasok utama bahan baku ke pabrik.

Disamping itu, saat ini upaya untuk menjalin kerja sama dengan asosiasi atau kelompok tani kelapa sawit juga terus dilakukan.

Tapi yang pasti, sejak diresmikan Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah pada akhir Januari 2024, koperasi mini ini sudah melakukan penjualan CPO sebanyak dua kali, masing-masing penjualan sebanyak 7 ton. Artinya koperasi ini sudah melakukan penjualan sebanyak 14 ton selama beroperasi.

Hizbullah menyebut, jika pabrik berjalan sukses, maka pihaknya juga akan mengembangkan kerja sama dengan 70 pondok pesantren yang ada di Pringsewu. 

Sebab ide pabrik ini muncul juga dari inisiasi para pondok pesantren yang tergabung dalam asosiasi pesantren se-Kabupaten Pringsewu.

"Harapan kita ini jadi jawaban kita semua. Baik dari pondok pesantren, petani dan juga wali santri," tandasnya.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS