https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Bisnis

Oleh karena Faktor Ini Harga TBS Sawit Petani Bakal Ikut Terganggu

Oleh karena Faktor Ini Harga TBS Sawit Petani Bakal Ikut Terganggu

TBS kelapa sawit. Foto: Dok. Elaeis

Salah satu pelabuhan utama, yakni Pelabuhan Belawan di Medan, Sumut, tak ada kabarnya.

HARGA minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) hasil tender yang diselenggarakan oleh PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) kian merosot saja.


Untuk periode Kamis (28/3) ini saja, saru misal, harga CPO malah sudah tak lagi berada di level Rp 13.000 per kilogram (Kg), melainkan sudah turun ke level Rp 12.900-an per Kg.


Dan, berdasarkan keterangan yang diperoleh, dalam tender kali ini salah satu pelabuhan utama, yakni Pelabuhan Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), tak ada kabarnya.

Alhasil, "beban berat" harus ditanggung sendirian oleh satu pelabuhan utama lainnya, yaitu Pelabuhan Dumai di Provinsi Riau.

Kalau Pelabuhan Talang Duku di Provinsi Jambi sudah bisa ditebak, hasil tender berakhir withdraw (WD) dengan harga penawaan tertinggi yang sama persis dengan tender sehari sebelumnya.

Kemungkinan besar situasi tak elok ini akan membuat harga transaksi tandan buah segar (TBS) produksi petani sawit bakal semakin terganggu, semakin merosot seiring merosotnya harga CPO.

Berikut ini hasil tender harga CPO per Kg di luar atau exclude PPN di PT KPBN periode Kamis (28/3/2024) :

Belawan : Tak ada kabar (sebelumnya 
Rp 13.010 - MM )

Dumai : Rp 12.980 - PII (sebelumnya Rp 13.010 - IBP 

SAN Dumai : Tak ada kabar (sebelumnya Rp 13.010 - IBP)
 
Talang Duku (fob) : Rp 12.830 - WD. Harha penawaran tertinggi Rp 12.780 - PII (sebelumnya Rp 12.860 - WD. Harga penawaran tertinggi Rp 12.780 - PII)

Kaltim (fob) : Rp 12.580 - WD. Harga penawaran tertinggi Rp 12.000 - EUP.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS