https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Bisnis

Sepekan Terakhir Tidak Ada Perubahan

Sepekan Terakhir Tidak Ada Perubahan

Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Aceh Timur, Ibrahim Mar. Foto: Dok. Elaeis

"Yang paling tinggi berkisar Rp 2.080 sampai Rp 2.010 per Kg."

DI saat harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) ngegas dan melesat naik beberapa hari terakhir, harga tandan buah segar (TBS) di Aceh tidak mengalami perubahan.

"Sudah hampir seminggu ini harga TBS kami malah enggak ada perubahan," gerutu Ibrahim Mar, Ketua DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Aceh Timur, Rabu malam.

Secara terpisah, Kastabuna selaku Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Aceh Utara juga mengeluhkan hal yang sama

Kastabuna menyebutkan kalau saat ini harga TBS petani sawit malah turun tipis di PTPN I Cot Girek, yang sekarang menjadi bagian dari SupportingCo.

"Harga TBS di PTPN 1 Cot Girek turun tipis, tapi di tiga PKS lainnya harga TBS enggak berubah sejak tanggal 1 April kemarin," ucap Kastabuna.

Kebingungan yang sama dirasakan oleh para petani swadaya yang tergabung dalam DPD Asosiasi Sawitku Masa Depanku (Samade) Kabupaten Aceh Singkil.

Rata-rata, keluh mereka, harga pembelian TBS produksi petani sawit di Kabupaten Aceh Singkil masih di kisaran Rp 1.900-an per Kg di tingkat loading RAM.

"Yang paling tinggi berkisar Rp 2.080 sampai Rp 2.010 per Kg. Selisihnya sangat banyak bila dibandingkan harga TBS di provinsi lain," kata salah satu petani sawit anggota Samade Singkil.

Sementara di bagian lain, termasuk berdasarkan hasil akhir perdagangan di hari Rabu (3/4), harga CPO ngegas dan melesat naik.

Berdasarkan data yang dimiliki, tender sawit yang diselenggarakan oleh PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) menghasilkan harga CPO yang terus naik sejak 1 April 2024.

Pada tender periode hari Rabu ini saja menghasilkan harga CPO yang naik sebanyak Rp 182 per kilogram (Kg) menjadi Rp 13.435 per Kg di dua pelabuhan utama.

Yaitu Pelabuhan Belawan di kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), serta di Pelabuhan Dumai, Kota Dumai, Provinsi Riau. 

Di Pelabuhan Talang Duku, Provinsi Jambi, meski berakhir dengan withdraw (WD), tetapi harga CPO juga menunjukan grafik yang naik.

Berikut ini harga pembelian TBS per Kg di sejumlah kabupaten di Provinsi Aceh, Rabu - Kamis (3-4/4/2024) :

Aceh Singkil :
RAM Safran Rp 2.010
RAM Tran Rp 2.080
RAM Hari Rp 1.930

Aceh Utara
PTPN 1 Cot Girek Rp 2.365 (sebelumnya Rp 2.380)
PT IBAW Rp 2.380
PT SA Rp 2.410
PT SAP Rp 2.410

Aceh Timur 
PT Anugerah Rp 2.330
PT Ensem Rp 2.290
PT BPS Rp 2.280
PT ABN Rp 2.210
PT Teupin Lada Rp 2.340
Koperasi PJ Rp 2.240
PT MSL(khusus berondolan) Rp 3.150.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS