https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Bisnis

Agar Harga Sawit di Bengkulu Terdongkrak, Akademisi Kasih Saran Begini

Agar Harga Sawit di Bengkulu Terdongkrak, Akademisi Kasih Saran Begini

Ilustrasi petani sawit di Bengkulu. Foto: Dok. Elaeis

"Tentu saja butuh dukungan agar hal ini bisa terwujud."

PERSOALAN harga sawit di Provinsi Bengkulu yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia masih saja jadi topik pembicaraan. Berbagai pendapat pun mengemuka.

Pengamat Ekonomi Bengkulu, Prof Dr Ahmad Badawi Saluy SE MM, menyarankan dengan mendirikan pabrik kelapa sawit (PKS) mini. "Hadirnya PKS mini akan mengganggu praktik monopoli harga yang dilakukan oleh kapitalis besar," ujarnya.

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan, bahwa keberadaan PKS mini akan memberikan alternatif bagi petani untuk menjual TBS kelapa sawit mereka dengan harga yang lebih adil. 

"Ini juga akan meningkatkan daya tawar petani dalam menetapkan harga," tambahnya.

Namun, langkah untuk mendirikan PKS mini tidaklah mudah. Diperlukan dukungan dan insentif yang cukup dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar petani dapat mengembangkan PKS mini dengan lancar dan berkelanjutan. "Tentu saja butuh dukungan agar hal ini bisa terwujud," pungkasnya.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, M Rizon mengaku, sangat setuju jika petani bisa memiliki rencana untuk mendirikan PKS mini. 

Sebab, menurutnya, sudah banyak petani yang sukses dengan usaha ini dan rata-rata bisa terbebas dari praktik monopoli yang dilakukan PKS besar.

"Kami berharap dengan adanya PKS mini, petani dapat lebih mandiri dalam menentukan harga jual TBS kelapa sawit mereka," ungkap Rizon.

Sementara itu, para petani melihat pendirian PKS mini sebagai langkah positif dalam mengurangi ketergantungan mereka pada PKS besar. 

"Kami berharap dengan adanya PKS mini, kami dapat menjual TBS kelapa sawit kami dengan harga yang lebih menguntungkan," ujar Budi Santoso, seorang petani kelapa sawit di Bengkulu Utara.

Dengan langkah-langkah konkret seperti pendirian PKS mini, diharapkan praktik monopoli harga TBS kelapa sawit di Bengkulu dapat dihentikan, dan petani dapat memperoleh pendapatan yang lebih layak dari hasil usaha mereka.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS