https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Petani

Bukan Sekadar Kebutuhan, tapi juga Menyangkut Keselamatan

Bukan Sekadar Kebutuhan, tapi juga Menyangkut Keselamatan

Kondisi jembatan di Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, Bengkulu. Foto: Istimewa

"Dua jembatan itu kami pastikan akan dibangun tahun ini."

PARA petani kelapa sawit di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, mendesak pemerintah daerah untuk segera memperbaiki dua jembatan yang rusak di Kecamatan Lubuk Sandi. Sebab jembatan-jembatan tersebut menjadi infrastruktur vital bagi akses petani dan masyarakat sekitar. 

Sahrino, petani sawit di daerah itu, mengatakan kedua jembatan gantung itu merupakan akses utama satu-satunya menuju Desa Cawang. Kondisi rusaknya jembatan ini telah menghambat aktivitas petani sawit dan masyarakat setempat serta distribusi hasil perkebunan. Karena itu, perbaikan jembatan menjadi kebutuhan mendesak yang harus segera ditangani.

Ia menambahkan, perbaikan infrastruktur jembatan tersebut bukan hanya sekadar kebutuhan, tapi juga menyangkut keselamatan masyarakat. Pihaknya berharap Pemerintah Daerah dapat segera bertindak untuk memperbaiki jembatan-jembatan tersebut.

"Pemulihan infrastruktur ini bukan hanya sekadar kebutuhan, tapi juga menyangkut keselamatan masyarakat. Kami berharap Pemerintah Daerah dapat segera bertindak untuk memperbaiki jembatan-jembatan ini," tambah Sahroni.

Sahroni berharap, dengan perbaikan jembatan yang memadai, diharapkan akses transportasi dan distribusi hasil perkebunan kelapa sawit dapat kembali lancar. Hal ini akan berdampak positif bagi perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Seluma secara keseluruhan.
"Semoga perbaikan jembatan bisa berdampak positif bagi perekonomian daerah," pungkasnya.

Sementara Ketua DPRD Seluma, Nofi Eriyan Andesca menegaskan, komitmen pihaknya untuk memperbaiki jembatan tersebut dalam tahun ini. Hal itu sejalan dengan tuntutan petani sawit dan masyarakat di daerah tersebut.

"Ada dua unit jembatan yang rusak parah di Kecamatan Lubuk Sandi. Nah dua jembatan ini kami pastikan akan dibangun tahun ini. Menggunakan anggaran APBD Seluma. Karena anggarannya sudah kami setujui," kata Nofi, Senin (8/4).

Ia mengaku, dua jembatan yang akan diperbaiki pada tahun ini yakni jembatan gantung di Desa Cawang dan jembatan penghubung dari Desa Arang Sapat menuju Desa Cawang. 

Hal itu dilakukan mengingat kondisi kedua jembatan sudah cukup memprihatinkan. Bahkan lantai jembatan yang terbuat dari kayu sudah lapuk dan patah, menimbulkan ancaman serius bagi keselamatan pengguna jalan terutama angkutan TBS kelapa sawit.

"Sesuai dengan visi dan misi Bupati Seluma, saya meminta agar jembatan ini dalam waktu dekat diperbaiki. Supaya tidak ada korban jiwa yang timbul akibat lantai jembatan yang rusak," tambah Nofi.

Meskipun sebelumnya direncanakan pembiayaan untuk perbaikan jembatan sebesar Rp150 juta melalui APBD Seluma 2023, namun hingga saat ini belum ada tindakan nyata. Petani dan masyarakat menunggu dengan harapan agar pengerjaan rehab jembatan segera dilaksanakan.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS