https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Yakin akan Bertambah Lagi Jika Dihitung Ulang Secara Cermat dan Riil

Yakin akan Bertambah Lagi Jika Dihitung Ulang Secara Cermat dan Riil

Ilustrasi perkebunan sawit. Foto: kompas.com

"Saya yakin luas riil kebun yang ditanami sawit lebih luas lagi dari luas HGU milik perusahaan."

SEKRETARIS Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR (Aspek-PIR) Indonesia, H. Syarifudin Sirait,  yakin luasan tutupan sawit masih akan bertambah lagi jika dihitung ulang secara cermat dan riil. Lebih dari 17,3 juta hektar (Ha) seperti yang ramai diberitakan.

"Karena masih banyak perusahaan yang melaporkan luasan kebunnya hanya berdasarkan luas izin hak guna usaha (HGU) yang dimiliki," kata Syarifudin Sirait, Selasa (9/4).

"Sementara, saya yakin, luas riil kebun yang ditanami sawit lebih luas lagi dari luas HGU milik perusahaan," kata Ketua Koperasi Petani Kelapa Sawit (KPKS) "Kesepakatan", Desa Gotting Sidodadi, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, ini.

Ia menuding sejumlah korporat masih patgulipat terkait pelaporan luasan kebun sawit. Sebab hal itu akan berkaitan dengan pajak yang harus dibayar ke negara, serta sejumlah kewajiban lainnya.

"Yang disampaikan Pak Muhamad Aris Marfai sebelumnya itu, saya yakin tidak segitu, melainkan lebih luas. Saya yakin itu," tandasnya.

Sekadar memberitahukan, Muhamad Aris Marfai yang disebut Syarifudin Sirait adalah Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), sebuah organisasi yang sebaai penyelenggaraan Informasi Geospasial Tematik (IGT) tutupan kebun kelapa sawit. 

Hal ini dilakukan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Tahun 2019-2024.

Nah, dalam rapat yang digelar di Kementerian Koordnator (Kemenko) Perekonomian, Aris Marfai bilang bahwa luas tutupan sawit nasional mencapai 17,3 juta Ha di tahun 2023.

Bila merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 2022 luas perkebunan sawit di Indonesia mencapai 16,8 juta hektar. Berarti terjadi penambahan sebanyak 0,5 juta Ha selama setahun.

Sementara menurut Kementerian Pertanian (Kementan), luas kebun sawit di Indonesia mencapai 16,38 juta Ha pada tahun 2021, dan menjadi 16,83 juta Ha pada tahun 2023.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS