https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Petani

Musim Hujan, Petani di Bengkulu Disarankan Menanam Sawit Unggul

Musim Hujan, Petani di Bengkulu Disarankan Menanam Sawit Unggul

Ilustrasi petani menanam bibit sawit. Foto; Dok. Elaeis

"Cuma butuh waktu 4 bulan saja, petani sudah bisa menghasilkan padi Gogo."

KEPALA Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, M Rizon SHut MSi mengatakan, musim hujan harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani sawit.

"Musim hujan ini bagus bagi petani sawit untuk memulai menanam bibit kelapa sawit unggul," ujar Rizon di Bengkulu, Selasa (9/4).

Terkait ketersediaan bibit unggul, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan lembaga penelitian pertanian.

"Kami telah mengembangkan bibit kelapa sawit unggul yang disesuaikan dengan kondisi tanah dan cuaca di Bengkulu. Ini adalah langkah penting menuju peningkatan produktivitas sektor perkebunan di daerah ini," tuturnya.

Namun, peralihan menuju bibit unggul tidak terjadi begitu saja. Sejumlah petani masih menghadapi tantangan dalam memahami teknik penanaman dan perawatan yang tepat untuk bibit unggul. 

Dalam mengatasi hambatan ini, Dinas Pertanian Bengkulu telah menyelenggarakan serangkaian pelatihan dan lokakarya yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para petani.

"Memang upaya ini tidak mudah, tapi kami akan berupaya maksimal," tuturnya lagi.

Selain menanam bibit sawit unggul, petani juga disarankan untuk menanam padi Gogo dan bibit sawit varietas unggul.

"Musim hujan harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani sawit. Mereka bisa memanfaatkannya untuk menanam padi Gogo. Ini musim yang cukup baik bagi petani sawit kalau mau menanam padi Gogo," katanya.

Menurut Rizon, padi Gogo yang ditanam pada musim hujan ini akan bisa menghasilkan padi dan dipanen pada umur 4 bulan. Hal itu tentu saja bisa menambah penghasilan bagi petani sawit di daerah. "Cuma butuh waktu 4 bulan saja, petani sudah bisa menghasilkan padi Gogo," ujarnya.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS