https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Pingin Kuliah Gratis Tanpa Harus Menjual Kebun Sawit? Coba Jajal Program Ini

Pingin Kuliah Gratis Tanpa Harus Menjual Kebun Sawit? Coba Jajal Program Ini

Ilustrasi peserta program beasiswa sawit. Foto: gatra.com  

"Semua anak petani sawit yang telah tamat SMA/SMK bisa mengikuti program ini dan berkesempatan kuliah gratis."

PERSOALAN kesulitan biaya kelanjutan pendidikan anak-anak, terkadang terpaksa dengan menjual kebun sawit, sudah ada solusinya. Antara lain melalui program beasiswa sawit.

Direktorat Jenderal Perkebunan dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah membuka Seleksi Nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi (DI, DII, DIII dan DIV) dan Akademik (Strata 1) Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Saidirman mengatakan, petani sawit yang kesulitan memenuhi biaya pendidikan tidak perlu khawatir karena saat ini ada beasiswa Pendidikan Tinggi Perkebunan Kelapa Sawit.  Bahkan pada tahun 2024 ini, program beasiswa telah dibuka dari 5 April 2024 hingga 24 Mei 2024.

"Di tahun 2024 ini, Ditjen Perkebunan bekerja sama dengan BPDPKS sudah menyiapkan beasiswa sawit bagi para pelajar yang baru lulus dari SMA atau SMK. Program ini merupakan kesempatan bagi anak petani sawit yang berminat untuk melanjutkan pendidikan dan berkontribusi dalam pembangunan sektor perkebunan," kata Saidirman, Rabu (10/4).

Program beasiswa ini terbuka untuk semua anak petani sawit tamatan SMA/SMK di Provinsi Bengkulu yang berminat. Pelaksanaan teknis program beasiswa akan dilakukan oleh pihak terkait dengan memberikan kesempatan kuliah secara gratis kepada pelajar yang beruntung. Program ini mencakup jenjang kuliah dari D1 hingga S1.

"Semua anak petani sawit yang telah tamat SMA/SMK bisa mengikuti program ini dan berkesempatan kuliah gratis," tuturnya.

Menariknya, para peserta yang berhasil menyelesaikan pendidikan mereka di bangku kuliah akan diberikan peluang untuk bekerja di beberapa perusahaan kelapa sawit. 

Hal ini akan dilakukan berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian RI. "Dengan demikian, program beasiswa ini tidak hanya memberikan pendidikan, tetapi juga membuka peluang kerja bagi para penerima beasiswa," ungkap Saidirman.

Untuk mengetahui secara rinci cara mengikuti program beasiswa ini dapat diakses melalui website https://www.beasiswasdmsawit.id/. 

Dalam website tersebut akan dijelaskan tentang tata cara dan persyaratan untuk mengikuti program beasiswa ini. "Untuk informasi dan pendaftaran beasiswa sawit bisa diakses di website resmi beasiswasdsawit.id," tuturnya.

Saidirman berharap program beasiswa ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan sumber daya manusia di sektor perkebunan kelapa sawit, serta bisa membantu petani sawit yang kesulitan untuk memenuhi biaya pendidikan anak sekaligus memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk mengembangkan potensi mereka dan berkontribusi dalam pembangunan Bengkulu.

"Kami berharap ini akan membuat peningkatan jumlah pelajar yang mampu melanjutkan pendidikan mereka di perguruan tinggi dan kemudian berkarir di sektor perkebunan," pungkasnya.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS