https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Resiko Membeli Pupuk dari Sumber Tidak Resmi Tinggi, Termasuk Jerat Pidana

Resiko Membeli Pupuk dari Sumber Tidak Resmi Tinggi, Termasuk Jerat Pidana

Ilustrasi memupuk sawit. Foto: Dok. Elaeis

"Saya selalu memastikan membeli pupuk dari toko yang terpercaya."

SEBAGAI salah satu komponen produksi, pupuk memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan kelapa sawit. Karena penting, untuk mendapatkannya diharapkan tidak asal-asalan.

Makanya, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, M Rizon mengingatkan petani sawit  untuk membeli pupuk kimia hanya dari toko atau distributor resmi. 

Langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya kasus penjualan pupuk hasil curian yang dapat membahayakan tanaman dan mengakibatkan implikasi hukum serius.

Dikatakan, pentingnya memastikan bahwa pupuk kimia yang digunakan petani sawit berasal dari sumber yang sah. Sebab membeli pupuk hasil pencurian dapat membawa konsekuensi hukum yang serius bagi para petani.

"Kami minta petani membeli pupuk di toko pupuk resmi dan distributor jelas," kata Rizon, Minggu (14/4).

Rizon menjelaskan, tindakan membeli pupuk kimia dari hasil pencurian dapat membuat petani sawit terjerat kasus pidana. Bahkan tindakan itu tidak hanya merugikan petani itu sendiri, tetapi juga industri pertanian secara keseluruhan.

"Membeli pupuk kimia hasil curian tentu saja merugikan petani sawit dan industri pertanian secara keseluruhan," tuturnya.

Kasus penjualan pupuk hasil curian bukanlah masalah baru di dunia pertanian. Sebelumnya, telah terjadi beberapa insiden di mana pupuk kimia yang diperoleh secara ilegal menyebabkan kerugian besar bagi petani.

"Kasus seperti itu bukan hal baru, kadang ada juga petani sawit yang tanpa sengaja membeli pupuk kimia dari hasil pencurian, makanya kita minta mereka membeli di sumber resmi," tuturnya.

Salah satu petani sawit di Bengkulu, Ahmad mengaku, membeli pupuk dari sumber yang sah menjadi kunci untuk menghindari masalah yang mungkin timbul. Oleh sebab itu, dirinya selalu menghindari membeli pupuk dari orang yang menawarkan langsung ke rumah.

"Saya selalu memastikan membeli pupuk dari toko yang terpercaya. Hal ini tidak hanya untuk keamanan tanaman saya tetapi juga untuk menghindari masalah hukum," ujar Ahmad.

Selain itu, menurut Ahmad, membeli pupuk dari sumber yang tidak jelas berisiko mendapatkan pupuk dengan kualitas yang rendah. Sehingga dapat mengakibatkan penurunan produktivitas tanaman dan kerugian finansial.

"Tentu saja takut beli pupuk dari sumber yang tidak sah, takut saja nanti tidak berkualitas dan palsu," pungkasnya.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS