https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Separuhnya Berada di Area Konsesi Perkebunan

Separuhnya Berada di Area Konsesi Perkebunan

Ilustrasi lahan gambut. Foto: ekonomi.bisnis.com

Diharapkan hasil penelitian ini menjadi rekomendasi bagi para pengambil kebijakan."

PERISET Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi (PREE) pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nurul Silva Lestari, menjelaskan berdasarkan kajian, enam juta lahan yang terdegrasi dan akan direstorasi separuhnya berada di area konsesi perkebunan, termasuk sawit, dan kehutanan. 

Sebagai informasi, sekitar 6 juta hektar (Ha) lahan gambut terdegradasi di Indonesia diupayakan untuk menjalani proses restorasi, termasuk di antaranya yang dekat atau berbatasan dengan perkebunan kelapa sawit.

Nurul Silva Lestari mengatakan, hasil kajian BRIN menunjukkan bahwa Indonesia berpotensi untuk merestorasi 6 juta hektar lahan gambut yang terdegradasi.

“Diharapkan hasil penelitian ini menjadi rekomendasi bagi para pengambil kebijakan untuk memperkuat regulasi restorasi gambut lebih efektif," ungkapnya, seperti dikutip, Senin (15/4).

Kata dia, sesungguhnya Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki tipe ekosistem lahan basah yang lengkap, seperti lahan gambut, mangrove, riparian, rawa, hingga sawah. 

Nurul menambahkan, kepemilikan lahan gambut dengan luasan sebesar 13,4 juta Ha menjadikan Indonesia pemilik lahan gambut tropis terluas di dunia. 

Namun sayangnya, kata Nurul, justru saat ini belum ada data yang terverifikasi berapa luasan lahan gambut yang sudah terdegradasi dan perlu segera direstorasi.

Adapun prioritas daerah berlahan gambut yang harus segera direstorasi secara berurutan adalah Provinsi Riau sebanyak 2,4 juta Ha dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebanyak 1 juta Ha.

"Serta di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) sebanyak 0,9 juta Ha. Sisanya tersebar mulai di beberapa daerah lainnya di tiga pulau, yakni Kalimantan, Sumatera, dan Papua," tegas periset PREE pada BRIN, Nurul Silva Lestari.

Sebagai informasi tambahan, Provinsi Riau saat ini tercatat sebagai sentra sawit nasional. Provins ini memiliki perkebunan kelapa sawit yang jauh lebih luas dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia.

Dua provinsi lainnya yakni Kalteng dan Sumsel juga dikenal memiliki perkebunan kelapa sawit yang luas, lebih satu juta Ha.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS