https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Bisnis

Semakin Dalam Terbenam

Semakin Dalam Terbenam

Pelabuhan Dumai di Riau. Foto: industri.kontan.co.id

Harga CPO di Pelabuhan Belawan dan Dumai kembali merosot Rp 316/kg.

HASIL tender harga minyak sawit atau crude palm oil (CPO) yang diselenggarakan PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) pada Rabu (17/4) sore, mengindikasikan satu hal: semakin dalam terbenam.

Soal itu sebenarnya sudah beredar di kalangan pelaku usaha sawit, termasuk di lingkungan petani, sejak Rabu (17/4) siang.

Sekadar mengingatkan, pada tender Selasa (16/4), harga CPO anjlok sebanyak Rp 529 per kilogram (Kg) untuk dua franco pelabuhan utama.

Tepatnya yaitu pada Pelabuhan Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dan Pelabuhan Dumai di Provinsi Riau.

Nah, seperti data yang diperoleh, harga CPO di dua pelabuhan tersebut kali ini kembali merosot sebanyak Rp 316 per Kg, atau selisih Rp 213 per Kg dibandingkan penurunan harga CPO pada tender sehari sebelumnya.

Tentu saja kemerosotan itu membuat harga CPO semakin dalam terbenam, bahkan kini sudah di bawah Rp.12.500 per Kg. Menyedihkan, hanya butuh dua hari saja langsung amblas harga CPO.

Sementara untuk Pelabuhan Talang Duku, Provinsi Jambi, hasilnya tidak hanya withdraw (WD), melainkan juga ikut terbenamnya harga CPO sejak tender sehari sebelumnya.

Berdasarkan kabar dari para petani sawit di berbagai daerah, pada Rabu pagi harga pembelian tandan buah segar (TBS) mereka rata-rata turun dari mulai Rp 50 sampai Rp 75 per Kg.

Penurunan itu terjadi di tingkat toke, loading RAM, maupun di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS). Dan hal itu terbilang tipis bila dibandingkan dalamnya penurunan harga CPO.

Bahkan yang mengagetkan, ada sejumlah RAM atau PKS yang tidak melakukan penurunan harga pembelian TBS produksi petani sawit sama sekali. S

Namun kabar yang akan diterima para petani dari pihak RAM atau PKS mungkin bisa saja akan lain pada Rabu malam atau Kamis (18/4) pagi. 

Bisa jadi penurunan kembali harga CPO berdasarkan hasil tender PT KPBN pada Rabu sore, suka atau tidak suka, berpotensi semakin menurunkan harga TBS.

Berikut ini hasil tender harga CPO per Kg di luar atau exclude PPN di PT KPBN periode Rabu (17/4/2024) :

Belawan : Rp 12.460 - ACI (sebelumnya Rp 12.776 - MM, anjlok Rp 316)

Dumai : Rp 12.460 - AGM (sebelumnya
Rp 12.776 - IBP, anjlok Rp 316)

Kaltim (fob) : Rp 12.060 - EUP

Talang Duku (fob) : Rp 12.310 - WD. Harga penawaran tertinggi Rp 12.100 - Priscolin (sebwlumnya Rp 12.626 - WD. Harga penawaran tertinggi Rp 12.500 - Priscolin).
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS