https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Lahan Kebun Sawit di Sumbar Terus Bertambah, Terluas di Pasbar

Lahan Kebun Sawit di Sumbar Terus Bertambah, Terluas di Pasbar

Ilustrasi perkebunan sawit di Pasbar. Foto: langgam.id

Enam kabupaten itu merupakan enam teratas perkebunan sawit di Sumbar.

KABUPATEN Pasaman Barat (Pasbar) sejauh ini mencatatkan diri sebagai daerah otonom di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang memiliki areal perkebunan kelapa sawit terluas.

Di Kabupaten Pasbar, perkebunan kelapa sawit terbanyak ada di enam kecamatan, yaitu Luhak Nan Duo. Pasaman, Kinali, Sasak Ranah Pasisia, Gunuang Tuleh, dan Sungai Alur.

Dari berbagai keterangan yang berhasil dihimpun , Senin (22/4), setidaknya ada 15 kabupaten dan kota di Provinsi Sumbar yang memiliki perkebunan kelapa sawit.

Nah, menurut Dinas Pertanian, Hortikulturan, dan Perkebunan (Distan Horbun) Sumbar, hingga tahun 2023, ada enam teratas atau enam kabupaten teratas di Sumbar yang menjadi sentra perkebunan sawit di Sumbar.

Enam kabupaten tersebut yakni Pasaman Barat (Pasbar), Dharmasraya, Agam, Pesisir Selatan (Pessel), Sujunjung, dan terakhir adalah Kabupan Solok Selatan.

Di Kabupaten Dharmasraya, perkebunan kelapa sawit banyak terdapat di dua kecamatan yaitu Sungai Rumbai dan Koto Baru.

Perkebunan sawit di Kabupaten Agam terlihat banyak di tiga kecamatan yaitu Tanjung Mutiara, IV Nagari, dan Lubuk Basung.

Sementara itu Kecamatan Silaut dan Kecamatan Lunang tampaknya menjadi sentra perkebunan kelapa sawit bagi Kabupaten Pessel.

Masih menurut pihak Distan Horbun Sumbar, sentra perkebunan sawit di Kabupaten Sijunjung banyak terdapat di Kecamatan Kamang Baru.

Dan terakhir, untuk Kabupaten Solok Selatan, ada tiga kecamatan yang jadi sentra sawit, yakni Sangir Balai Janggo, Sangi Batan Hari, dan Kecamatan Sangi Jujuan 

Data yang dimiliki oleh Distan Horbun tersebut tampaknya segaris dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar pada tahun 2022.

Di data itu terungkap bahwa enam kabupaten tersebut memang merupakan enam teratas perkebunan sawit di Sumbar.

Pihak BPS Sumbar mencatat bahwa Kabupaten Pasbar memiliki lahan seluas 126.934 hektar (Ha) perkebunan sawit atau yang terluas di Sumbar.

Disusul Kabupaten Pessel (42.183,80 Ha), Dharmasraya (32.946,64 Ha),
Agam (19.877 Ha), Sijunjung (10.124,25 Ha), dan terakhir adalah Solok Selatan (9.742 Ha).

Tetapi di luar enam besar tersebut, ternyata BPS mencatat ada empat lagi kabupaten di Provinsi Sumbar yang memiliki perkebunan kelapa sawit yang lumayan luas.

Yaitu Kabupaten Pasaman (4.981 Ha),
Limapuluh Kota (3.347 Ha), Padang Pariaman (1.231 Ha), serta terakhir adalah Kota Sawahlunto sebanyak 136,90 Ha perkebunan

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS