https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Korporasi

PKS Jangan Sekadar Membeli Hasil Kebun dari Petani

PKS Jangan Sekadar Membeli Hasil Kebun dari Petani

Petani sawit di Ketapang, Kalbar. Foto: Dok. Elaeis

"Petani harus dilibatkan di semua operasional PKS."

DIRENCANAKAN di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), akan dibangun sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS). Rencana ini mendapat respons positif dari banyak kalangan, termasuk dari Apkasindo setempat.

Sebab bila itu terwujud akan memberikan dampak positif terhadap petani kelapa sawit yang ada di sekitar lokasi berdirinya PKS.

"Namun perlu diingatkan, petani harus dilibatkan di semua operasional PKS. Maksudnya PKS jangan hanya sekedar membeli hasil kebun dari masyarakat saja. Namun juga melakukan pembinaan terhadap petani," ujar Ketua APKASINDO Kalbar, Indra Rustandi, Selasa (30/4).

Indra mengatakan, pastinya pemasok PKS itu akan lebih banyak berasal dari petani mandiri atau petani swadaya. Sehingga untuk menjamin kualitas pasokan, PKS perlu melakukan pembinaan dengan terlebih dahulu mengelompokkan petani dan mendorong terbentuknya koperasi.

"Dengan begitu maka pasokan terpelihara dengan baik. Lalu langkah ini juga meminimalisir pasokan dari petani plasma yang sudah bermitra. Sehingga hubungan petani plasma dengan perusahaan tapi tetap harmonis," tuturnya.

"Tapi kalau PKS itu hanya membeli TBS dari vendor-vendor saja ya manfaat untuk petani tidak akan maksimal dirasakan, karena harga bisa ditetapkan sesuka hati oleh PKS," imbuhnya.

Pemkab Ketapang sejauh ini terus mengundang investor dalam untuk membangun PKS, dimaksudkan untuk mendukung penyerapan hasil kebun petani untuk lebih maksimal.

Ini disampaikan langsung oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan saat menghadiri ramah tamah di Desa Sidahari, Lamboya Kecamatan Jelai Hulu, Kabupaten Ketapang, Senin (29/4). Dikatakannya dalam waktu dekat ini pembangunan PKS akan dilakukan di beberapa wilayah di Ketapang.

Seperti di Kecamatan Laur, Kecamatan Tumbang Titi, Kecamatan Marau dan di Pesaguan Kecamatan Matan Hilir Selatan. Dimana hadirnya PKS di kecamatan itu dinilai sangat penting.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS