https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Toke Diultimatum Tak Beli TBS Sawit dan Brondolan Sembarangan, Ada Sanksinya Lho

Toke Diultimatum Tak Beli TBS Sawit dan Brondolan Sembarangan, Ada Sanksinya Lho

Ilustrasi maling sawit. Foto: beritariau.com

Penyelesaian secara kekeluargaan ternyata tidak menimbulkan efek jera.

PARA toke atau pemilik usaha jual beli sawit diminta tidak menerima tandan buah segar (TBS) dan brondolan sawit sembarangan. Ada sanjsi yang menanti bagi yang terbukti melanggar.

Kebijakan itu dikeluarkan oleh Pemerintah Kampung Maredan Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, melalui surat bernomor: 400.10.2.2/KMB/062 yang ditandatangani bersama babinsa dan bhabinkamtibmas setempat

Penghulu Kampung Maredan Barat, HM Al Jufri R SSos, mengatakan surat itu dikeluarkan menindaklanjuti banyaknya laporan dari masyarakat terkait aksi pencurian buah sawit di daerah tersebut. 

Jufri menegaskan akan memberikan sanksi berupa denda Rp 10 juta kepada pemilik usaha sawit yang terbukti menampung sawit yang tidak jelas asal usulnya. Toke yang tidak menggubris surat tersebut juga akan dilaporkan ke pihak berwajib. 

"Selama ini sebenarnya sudah ada tertangkap basah anak-anak tanggung yang sering mencuri buah sawit. Tapi masih dimaafkan dan berdamai," kata Jufri, Rabu (1/5). 

Namun penyelesaian secara kekeluargaan ternyata tidak menimbulkan efek jera.

"Maka dari itu, kami mengimbau kepada pembeli buah sawit, kepada toke-toke yang ada, agar tidak menerima buah sembarangan. Supaya lebih hati-hati lagi saat membeli buah sawit, agar tidak berlarut-larut masyarakat kehilangan buah sawitnya," pungkasnya. 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS