https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Didukung Petani Sawit, Ketua Apkasindo Merangin Daftar Jadi Bakal Cabup

Didukung Petani Sawit, Ketua Apkasindo Merangin Daftar Jadi Bakal Cabup

Ilustrasi kekuasaan. Foto: sairerinews.com

"Untuk perjuangan petani, kita yakin jiwa raga saya siap dipertaruhkan."

BERBEKAL dukungan dari para petani sawit, Joko Wahyono mendaftar sebagai bakal calon bupati (bacabup) Merangin, Provinsi Jambi,  di Gedung Sekretariat Partai Gerinda di Jalan Sapta Marga, Kelurahan Pematang Kandis, Kecamatan Bangko, Selasa (7/5).

Joko Wahyono yang Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Merangin itu menyatakan siap bertarung di ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Merangin 2024.

Pria kelahiran Lampung Tengah 55 tahun lalu itu mengaku langkahnya ini lantaran adanya dukungan dari petani kelapa sawit di wilayah itu. 

"Di Merangin ini 70% adalah petani kelapa sawit, semuanya mendorong saya untuk maju dalam kontestasi Pilkada tahun ini," ujarnya.

Motivasinya maju dalam kancah politik jelas pria keturunan Jawa itu, lantaran petani menginginkan adanya perwakilan dari lini petani kelapa sawit khususnya agar dapat memperjuangkan petani di kemudian hari. 

"Mereka berharap petani dapat bergeming di pemerintahan, kemudian juga terayomi," tuturnya.

Awalnya Joko mengaku ragu untuk menjawab dorongan para petani tadi. Namun lantaran petani kelapa sawit siap untuk melakukan sosialisasi, kampanye dan turun langsung di lapangan, maka Joko mau tak mau harus ikut berjuang demi kesejahteraan petani.

"Untuk perjuangan petani, kita yakin jiwa raga saya siap dipertaruhkan," ujar ayah 3 orang anak itu.

Untuk diketahui, kondisi petani kelapa sawit Merangin saat ini tengah dilema. Pasalnya meski harga cenderung stabil yakni Rp2.100-Rp2.300/kg namun produksi kebun petani mengalami penurunan.

"Saat ini produksi turun, selain memang faktor cuaca ada faktor pupuk ilegal yang cukup berpengaruh pada menurunkannya produksi ini. Nah masalah-masalah seperti ini lah yang mendorong kita maju menjadi wakil rakyat untuk memberantas permasalahan di perkebunan kelapa sawit," tandasnya

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS