https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Inovasi

Lidi Sawit Antarkan PT AIP Raih Penghargaan dari Kemendes PDTT

Lidi Sawit Antarkan PT AIP Raih Penghargaan dari Kemendes PDTT

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyerahkan penghargaan kepada manajemen PT AIP. Dok.Istimewa

"Saya harap penghargaan ini dapat memacu dunia usaha."

KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan penghargaan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024 kepada PT Aneka Intipersada (AIP).

Penganugerahan CSR dan PDB Award 2024 ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta perorangan atas jasa mereka dalam membantu percepatan pembangunan desa melalui pelibatan dan pengembangan BUMDes/BUM Desma maupun kegiatan CSR lainnya.

Penghargaan ini memasuki tahun ketiga yang dilakukan Kementerian Desa bekerja sama dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF).

Anak perusahaan Minamas Plantation ini berhasil meraih penghargaan kategori Silver untuk program permata desa Pemberdayaan Kelompok Wanita Desa Melalui Usaha Kerajinan Lidi Sawit.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar kepada perwakilan Management PT AIP Alagendran Maniam, Head Sustainability Minamas Plantation.

Program permata desa yang digagas PT AIP merupakan pemberdayaan kelompok wanita melalui pelatihan, pendampingan dan pemberian bantuan peralatan pendukung dalam pengembangan usaha, khususnya dalam usaha kerajinan lidi sawit.

Tujuan dari pemberdayaan kelompok usaha wanita desa ini untuk meningkatkan pendapatan, memberdayakan masyarakat khususnya perempuan, mendapatkan pengalaman berwirausaha, memperkecil angka pengangguran di desa, mempererat rasa kebersamaan, mengembangkan potensi masyarakat, mengembangkan usaha yang telah ada sebelumnya, serta menumbuhkan rasa ingin maju.

Ini juga sejalan dengan SDGs Desa 5 yaitu terciptanya kondisi yang menempatkan semua warga desa dalam posisi adil, tanpa diskriminasi terhadap perempuan.

Salah satu indikator tercapainya tujuan SDGs Desa 5 adalah tersedianya ruang dan kesempatan bagi perempuan untuk terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa, seperti keberadaan Kelompok Wanita seroja Indah di Desa Tualang Timur Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, yang juga mencoba mengambil peran dalam kemajuan desa.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin yang hadir saat membuka acara tersebut juga mengapresiasi program CSR yang dilaksanakan semua stakeholders seperti BUMN maupun perusahaan swasta, sebagai dukungan kepada pemerintah dalam mencapai target pembangunan.

Wapres Ma'ruf berharap program CSR yang dijalankan terus bermanfaat bagi masyarakat pedesaan serta mampu mendorong pembangunan ekonomi inklusif dan ramah lingkungan.

"Saya mengapresiasi BUMN, perusahaan swasta, BUMDes, dan aktor penggerak lainnya, yang terus berkomitmen dalam aktivitas CSR-nya, serta terus membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan," ujar Ma'ruf.

Wapres Ma'ruf juga mendorong target penerima CSR diperhatikan agar tepat dan dapat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat desa, BUMDes yang kian berinovasi serta sumber daya manusia yang lebih unggul, kreatif, inovatif dan adaptif.

"Saya harap penghargaan ini dapat memacu dunia usaha untuk menjadikan CSR sebagai program prioritas, dan selamat kepada seluruh penerima penghargaan semoga semakin memotivasi seluruh pihak dan menunjukkan kinerja terbaiknya dalam mendukung pembangunan pedesaan," kata Ma'ruf.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS