https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Bisnis

Tipis, Hanya Turun Rp2/Kg

Tipis, Hanya Turun Rp2/Kg

Ilustrasi PKS di Riau. Foto: riau.go.id

Syukur-syukur harga TBS bisa naik di tingkat PKS.

HARGA minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) pada periode Senin (20/5) ini, seperti keterangan yang berhasil dihimpun, mengalami penurunan yang sangat tipis.

Khususnya bila dibandingkan dengan hasil tender harga CPO pada akhir pekan yang lalu, Jumat (17/5), harga tercatat sebesar Rp 12.190 per kilogram (Kg).

Nah, dari tender yang diselenggarakan oleh PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) ini juga diketahui kalau penurunan sebesar Rp 2 per Kg tersebut terjadi di tiga pelabuhan yang diikutsertakan.

Yaitu Pelabuhan Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Pelabuhan Dumai di Provinsi Riau, serta Pelabuhan Talang Duku di Provinsi Jambi.

Kita harapkan penurunan tipis harga CPO kali ini tidak memberikan pengaruh buruk apapun pada harga pembelian tandan buah segar (TBS) produksi para petani sawit.

Kalau harga TBS tidak bergeser turun dibandingkan harga sebelumnya, berarti itu sudah menjadi kabar baik juga bagi para petani sawit. 

Syukur-syukur harga TBS bisa naik di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS). Kemungkinan ini bisa saja terjadi mengingat curah hujan yang cukup tinggi menyulitkan petani dan perusahaan sawit melakukan panen TBS.

Berikut ini hasil tender harga CPO per Kg di luar atau exclude PPN di PT KPBN periode Senin (20/5/2024) :

Belawan : Rp 12.188 - MM (sebelumnya Rp 12.190 - MM, turun Rp 2)

SAN Belawan : Rp 12.188 - MM (sebelumnya tak ada kabar)

Dumai : Rp 12.188 - AGM (sebelumnyaRp 12.190 - SJIO, turun Rp 2)

Talang Duku : Rp 11.988 - Priscolin (sebelumnya Rp 11.990 - WD. Harga sebelumnya Rp 11.875 - Priscolin).

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS