https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Upaya Memfasilitasi Petani Sawit Skala Kecil dalam Proses Sertifikasi RSPO

Upaya Memfasilitasi Petani Sawit Skala Kecil dalam Proses Sertifikasi RSPO

Ilustrasi RSPO. Foto: environment-indonesia.com

Pemetaan untuk mengetahui kondisi ekonomi sosial para petani sawit skala kecil. 

TIGA daerah sentra sawit di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara (Sumut), dan Riau, keberadaan petani sawit swadayanya akan menjadi sasaran pemetaan oleh perusahaan consumer goods berskala raksasa, Unilever.

Unilever merupakan anggota pendiri Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Achmad Adhitya selaku Manajer Sumber Daya Berkelanjutan menyebutkan, langkah yang diambil oleh Unilever adalah dengan menjalin kerjasama secara intensif.

"Yaitu kerjasama dengan sebuah perusahaan teonologi pertanian atau agritech terkemuka bernama Meridia," ucap Adhitya menuturkan.

Kata dia, kerjasama ini dilakukan karena Unilever melihat menempatkan pihak Meridia punya keahlian dalam mengumpulkan dan memverifikasi data lapangan dan petani sawit.

"Kerjasama kedua pihak dilakukan dalam rangka memfasilitasi para petani sawit skala kecil dalam proses sertifikasi RSPO dan terintegerasi ke dalam rantai pasok minyak sawit Unilever," ungkap Adhitya.

Sementara itu Beatrice Moulianitaki selaku Chief Commercial Officer (CCO) Meridia mengatakan, dengan persetujuan petani, Meridia lalu melakukan pemetaan perkebunan kelapa sawit.

Setelah itu, ujar Beatrice, Meridia mengumpulkan data lapangan yang penting untuk meletakkan dasar dalam mengidentifikasi petani yang memenuhi syarat .

"Khususnya yang terkait upaya untuk mendapatkan sertifikasi RSPO dan dimasukkan dalam inisiatif sumber daya berkelanjutan Unilever," ucap Beatrice lebih lanjut. 

Ia bilang, pemetaan juga dilakukan dalam rangka untuk mengetahui kondisi ekonomi sosial para petani sawit skala kecil. 

"Sejauh ini sudah ada 28,000 petani sawit skala kecil di tiga provinsi tersebut yang telah berhasil dipetakan," ungkap Beatrice.

Ia mengatakan, langkah Unilever dan Meridia ini juga dilakukan sebagai upaya mendorong pelestarian lingkungan dan ketahanan petani terhadap perubahan iklim.

Di samping itu, kolaborasi dilakukan untuk memfasilitasi kepatuhan terhadap peraturan antideforestasi Uni Eropa (EUDR), sehingga memastikan adanya akses berkelanjutan terhadap pasar di Uni Eropa.

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS