https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Petani

Apkasindo Desak Pemerintah Dorong Penguatan Kelembagaan Petani Sawit

Apkasindo Desak Pemerintah Dorong Penguatan Kelembagaan Petani Sawit

Ketua Harian DPP Apkasindo, Gus Dalhari Harahap. Foto: Dok. Elaeis

Diharapkan tak berlaku curang dalam menerapkan harga TBS sawit petani.

KETUA Harian DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gus Dalhari Harahap meminta pemerintah sebaiknya mendorong penguatan kelembagaan petani sawit serta kemitraan dengan pengusaha.

"Jika penguatan kelembagaan petani dan kemitraan dengan pengusaha terbangun, tentu penetapan harga pembelian tandan buah segar (TBS} sawit  di pasar tak bisa sepenuhnya ditentukan oleh salah satu pihak," tegasnya.

Sebelumnya ia memberikan kritik kepada Pemerintah yang dinilai tidak mendorong terbangunnya kelembagaan petani yang kuat agar bisa mencegah terjadinya penetapan harga TBS yang semena-mena.

Pada bagian lain, berdasarkan hasil tender di PT Kharisma Penasaran Bersama Nusantara (KPBN) diketahui harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) mengalami kenaikan dalam tiga hari terakhir ini.


Perkembangan positif tersebut diprediksi bakal mempengaruhi harga pembelian TBS produksi para petani sawit di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS).

Terkait hal tersebut, Gus Dalhari Harahap juga angkat bicara. "Kami, petani sawit, tentu bersyukur akan hal ini. Tetapi kami juga harus memberi warning kepada pihak pengusaha, juga kepada pemerintah," katanya, Rabu (29/5) malam.

Warning kepada pengusaha sawit, ucap Ketua DPW Apkasindo Sumut ini adalah agar tidak berlaku curang dalam menerapkan harga pembelian TBS sawit petani.

"Jangan saat harga CPO melambung, mereka justru memutuskan harga pembelian TBS cuma naik tipis. Kalau harga CPO jatuh, harga TBS pun dibuat jatuh juga," kritik Gus Dalhari Harahap

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS