https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Bisnis

Kabar Bagus untuk Katimin

Kabar Bagus untuk Katimin

Pabrik kelapa sawit di Riau. Foto: riau.go.id

Harga di PKS saat ini masih terpaut jauh dari harga yang ditetapkan Disbun Riau. 

INI kisah seorang petani kelapa sawit di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Terbetik kabar oleh Katimin bahwa 
dua pabrik kelapa sawit (PKS) tempatnya biasa menjual tandan buah segar (TBS) dan brondolan sawit mengumumkan kenaikan harga pembelian.

Kabar pertama dia terima dari PKS PT Sri Indrapura Sawit Lestari (SISL), yang berada di Kecamatan Bandar Sei Kijang, Kabupaten Pelalawan. 

"Di PKS PT SISL untuk harga TBS naik Rp 20 menjadi Rp 2.460/kg dan untuk brondolan juga naik Rp 20 menjadi Rp 3.480/kg," kata Katimin, Jumat (31/5). 

Kedua dari PKS PT SAR melalui SPB LLL dan MSM yang juga mengumumkan kenaikan harga TBS sebesar Rp 20 menjadi Rp 2.500/kg. 

Sutarno, petani sawit dari Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, juga mengantongi harga terbaru dari PKS PT Indomakmur Sawit Berjaya atau dikenal dengan PKS Musim Mas yang beroperasi di daerah itu.

"Di Musim Mas harga TBS hari ini naik Rp 20. Untuk buah super menjadi Rp 2.505/kg, buah besar Rp 2.500/kg, dan untuk buah sedang Rp 2.490/kg," katanya. 

Kenaikan harga TBS sawit terus terjadi sejak hari Rabu lalu usai Dinas Perkebunan (disbun) Provinsi Riau menetapkan kenaikan harga TBS baik untuk plasma maupun mitra swadaya. 

Akan tetapi, harga yang ada di PKS saat ini masih terpaut jauh dari harga yang ditetapkan oleh Disbun Provinsi Riau. 

Yang mana pada rapat penetapan harga TBS untuk periode 29 Mei - 4 Juni 2024, harga TBS untuk plasma ditetapkan sebesar Rp 2.865/kg dan untuk mitra swadaya ditetapkan sebesar Rp 2.864/kg.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS