https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Inovasi

Produk UKMK Turunan Sawit Diperkenalkan Saat Para Ketua Dekranasda Ngumpul

Produk UKMK Turunan Sawit Diperkenalkan Saat Para Ketua Dekranasda Ngumpul

Gula dari batang sawit hasil replanting juga bisa diusahakan, bahkan kecap dari sawit. "BERBAGAI produk berbasis turunan sawit dapat dimanfaatkan untuk dikembangkan oleh UKMK sawit antara lain produk pangan dengan minyak sawit merah , batik yang dibuat dengan malam dari sawit." Demikian dikatakan Kepala Divisi (Kadiv) UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Helmi Muhansyah di Kecamatan Trenggalek, ibukota Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Sabtu (8/6). Di sana BPDPKS memperkenalkan usaha kecil, menengah, dan koperasi (UKMK) berbasis kelapa sawit. Yaitu, di saat para ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dari berbagai kabupaten di Indonesia sedang berkumpul. "Lalu ada kerajinan dari lidi sawit, sabun dan lilin dari turunan sawit, helm sepeda, helm proyek,helm motor. Gula dari batang sawit hasil replanting juga bisa diusahakan, bahkan kecap dari sawit," katanya menambahkan. BPDPKS, sambung Helmi , juga telah melakukan berbagai program kemitraan UKMK mulai dari lokakarya atau workshop UKMK sawit naik kelas dengan berbagai tema pemanfaatan produk berbasis sawit. Selain itu, ujarnya, dilakukan kegiatan promosi melalui Semarak UKMK Sawit dan Gebyar UKMK sawit, termasuk memberikan dukungan UKMK berbasis sawit untuk mempromosikan produknya ke luar negeri. Sementara itu Ketua Dekranasda sekaligus Ketua PKK  Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, bilang kegiatan talk show Women Program sebagai  rangkaian Kegiatan HUT ke-24 APKASI memiliki misi besar. "Yakni agar seluruh perwakilan kabupaten dapat membantu kemajuan Indonesia dan mewujudkan komitmen untuk menjadi teladan dan memberikan kontribusi untuk Indonesia," ucap Novita Hardini  Perlu diketahui, selain dari BPDPKS, narasumber dalam talk show women program adalah Ketua PKK Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna. Di situ Emma menyampaikan materi sinergi dan kolaborasi program tim PKK Kabupaten Bandung dengan Pemerintah Kota Bandung dalam mendukung peningkatan UKMK. Kemudian ada pembicara lainnya, yaitu pemilik atau owner Batik Trusmi, Selly Giovanny yang menyampaikan materi Penguatan Dekranasda melalui peningkatan kapasitas UMKM Kegiatan talk show diikuti Ketua Dekranasda sekaligus Ketua PKK kabupaten-kabupaten anggota APKASI yang merupakan wadah kerjasama pemerintah kabupaten seluruh Indonesia dengan jumlah anggota saat ini 416 pemerintah Kabupaten.

Gula dari batang sawit hasil replanting juga bisa diusahakan, bahkan kecap dari sawit.

"BERBAGAI produk berbasis turunan sawit dapat dimanfaatkan untuk dikembangkan oleh UKMK sawit antara lain produk pangan dengan minyak sawit merah , batik yang dibuat dengan malam dari sawit."

Demikian dikatakan Kepala Divisi (Kadiv) UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)
Helmi Muhansyah di Kecamatan Trenggalek, ibukota Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Sabtu (8/6).

Di sana BPDPKS memperkenalkan usaha kecil, menengah, dan koperasi (UKMK) berbasis kelapa sawit. Yaitu, di saat
para ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dari berbagai kabupaten di Indonesia sedang berkumpul.

"Lalu ada kerajinan dari lidi sawit, sabun dan lilin dari turunan sawit, helm sepeda, helm proyek,helm motor. Gula dari batang sawit hasil replanting juga bisa diusahakan, bahkan kecap dari sawit," katanya menambahkan.

BPDPKS, sambung Helmi , juga telah melakukan berbagai program kemitraan UKMK mulai dari lokakarya atau workshop UKMK sawit naik kelas dengan berbagai tema pemanfaatan produk berbasis sawit.

Selain itu, ujarnya, dilakukan kegiatan promosi melalui Semarak UKMK Sawit dan Gebyar UKMK sawit, termasuk memberikan dukungan UKMK berbasis sawit untuk mempromosikan produknya ke luar negeri.

Sementara itu Ketua Dekranasda sekaligus Ketua PKK  Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, bilang kegiatan talk show Women Program sebagai  rangkaian Kegiatan HUT ke-24 APKASI memiliki misi besar.

"Yakni agar seluruh perwakilan kabupaten dapat membantu kemajuan Indonesia dan mewujudkan komitmen untuk menjadi teladan dan memberikan kontribusi untuk Indonesia," ucap Novita Hardini 

Perlu diketahui, selain dari BPDPKS, narasumber dalam talk show women program adalah Ketua PKK Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna.

Di situ Emma menyampaikan materi sinergi dan kolaborasi program tim PKK Kabupaten Bandung dengan Pemerintah Kota Bandung dalam mendukung peningkatan UKMK.

Kemudian ada pembicara lainnya, yaitu pemilik atau owner Batik Trusmi, Selly Giovanny yang menyampaikan materi Penguatan Dekranasda melalui peningkatan kapasitas UMKM

Kegiatan talk show diikuti Ketua Dekranasda sekaligus Ketua PKK kabupaten-kabupaten anggota APKASI yang merupakan wadah kerjasama pemerintah kabupaten seluruh Indonesia dengan jumlah anggota saat ini 416 pemerintah Kabupaten.
 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS