https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Ragam

Awas! Ternak yang Diliarkan akan Ditindak

Awas! Ternak yang Diliarkan akan Ditindak

Ilustrasi ternak berkeliaran. Foto: internet  

"Sekarang sedang persiapan pembuatan jadwal (razia)."

KALAU Anda warga Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, dan punya ternak sapi, mohon dikandangkan menjelang lebaran Idul Fitri kalau tidak ingin kena sanksi. Sebab ternak yang diliarkan akan ditindak.

Kadis Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bengkulu Selatan, Erwin Muchsin SSos mengatakan, pihaknya akan melakukan razia ternak milik petani sawit di daerah ini secara besar-besaran dalam waktu dekat. 

Razia tersebut akan menyasar seluruh ternak yang masih bebas berkeliaran di pinggir jalan, pekarangan rumah, dan lokasi fasilitas umum lainnya. Karena keberadaan ternak yang berkeliaran tersebut dapat mengancam keselamatan pengendara.

"Sekarang sedang persiapan pembuatan jadwal. Insya Allah, pada pekan ketiga Ramadan razia ini sudah digelar. Kegiatannya tidak satu hari, beberapa hari dan di seluruh wilayah Bengkulu Selatan," kata Erwin, Senin (1/4).

Menurut Erwin, dalam razia nanti, Tim Satpol PP akan dibagi tugas dan lokasi. Tim akan dikerahkan ke beberapa kecamatan seperti Kecamatan Pino Raya, Pino, Ulu Manna, Kedurang, Kedurang Ilir, Bunga Mas, Kota Manna, Manna, Pasar Manna, Seginim, dan Air Nipis.

"Dalam razia nanti, tentunya kami akan melibatkan tim dari Subdenpom Manna dan juga tim dari Polres Bengkulu Selatan," terang Erwin.

Terkait sanksi yang akan diterapkan kepada pemilik ternak yang melanggar, Erwin menjelaskan bahwa sesuai dengan Perda Nomor 09 tahun 2022, akan dikenakan sanksi berupa denda dan biaya pemeliharaan harian.

"Dalam Perda itu diatur bahwa, untuk satu ekor ternak sapi dan kerbau akan dikenakan sanksi sebesar Rp 2 juta plus biaya pemeliharaan sebesar Rp 200 ribu sehari. Sementara, untuk ternak kambing atau domba, akan dikenakan sanksi sebesar Rp 500 ribu/hari," jelas Erwin.

Erwin juga berharap agar masyarakat khususnya petani sawit lebih disiplin dalam mengandangkan ternaknya sebelum razia digelar. Hal itu dilakukan demi menjaga ketertiban dan keamanan pengendara selama perayaan Idul Fitri.

"Mari kita sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan bagi pengendara jalan raya selama lebaran Idul Fitri tahun ini," pungkasnya.

Baca Juga: Siska Terus Didorong, Targetnya Ini

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS